Pemerintah: Idul Adha 1437 H Jatuh Pada Hari Senin 12 September 2016


Belum lama ini pemerintah yang diwakili oleh Kementrian Agama, secara resmi menetapkan apabila Idul Adha 1437 Hijriah jatuh pada hari Senin, 12 September 2016 yang akan datang. Hal ini usai Pemerintah menetapkan awal Zulhijjahadalah hari Sabtu, 3 September 2016 dan artinya untuk Idul Adha jatuh pada tanggal 12 September 2016. Rapat Sidang Itsbat yang dipimpin langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bertempat di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kemenag yan ada di JL. MH Thamrin, Jakarta, hari Kamis, (1/9/2016)
Menag mengatakan terkait Idul Adha di bulan September ini, apabila dengan adanya laporan dari hasil pengamatan tim rukyat hisab yang berasal dari Kementerian Agama, yang diungkapkan oleh M Thambrin selaku Direktur Urusan Agama Islam juga Pembinaan Syariah, jika petugas yang bekerja di 29 titik telah melihat adanya hilal, dan posisinya berada dibawah ufuk minus 0 derajat, 13 menit dan minus 0 derajat, 5 menit.
Menteri Lukman mengatakan, apabila bulan Zulqaidah diistikmalkan menjadi 30 hari sehingga 1 Zulhijjah 1437 H jatuh sekitar tanggal 3 September, dan artinya tanggal 10 Zulhijjah, Senin, 12 September 2016 menjadi hari raya Idul Adha. Pada kesempatan tersebut, Menteri Lukman pun menyampaikan amanah dari Presiden Jokowi kepada semua pemuka agama yang ada di seluruh Indonesia supaya melakukan ibadah qurban dengan baik dan juga tertib, dan menjaga keamanan.
“Semoga saja, pada hari raya qurban sekarang bisa menjadi momentum pemersatu bangsa dan menjadi berkah bagi umat Islam di Indonesia,” tandas Menteri Lukman
Dalam sidang itsbat tersebut turut dihadiri pula oleh Ali Taher selaku Ketua Komisi VIII DPR RI, Abdullah Zaidi selaku Wakil Ketua MUI , Sekjen Kemenag Nur Syam, Machasin selaku Dirjen Bimas Islam, juga beberapa tokoh juga pimpinan ormas Islam dan duta besar negara sahabat.

Related

Sticky News 6286073591077889511

Post a Comment

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Text Widget

Connect Us

item